Peringati Hari Kebebasan Pers Internasional, LSM Barisan Putra Dwiwarna Gelar Program Solidaritas Untuk Lansia, Janda dan Insan Pers

Foto: penerima bantuan dari Barisan Putra Dwiwarna”

 

Surabaya, -Berindo File-

World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Dunia sebagai moment yang dideklarasikan oleh UNESCO PBB pada tanggal 3 Mei 1993 di Negara Namibia, yang dihadiri oleh sejumlah awak media internasional saat itu. https://en.unesco.org

Hari Kebebasan Pers Sedunia yang diperingati sebagai hari dukungan bagi media yang menjadi sasaran pengekangan, atau penghapusan, kebebasan pers. Ini juga merupakan hari peringatan bagi para jurnalis yang kehilangan nyawa mereka dalam mengejar sebuah cerita.

 

Dalam rangka memperingati hari Pers Internasional Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Putra Dwiwarna selenggarakan Program solidaritas untuk lansia, Janda dan Insan Pers di rumah makan Mahameru Jl. Diponegoro 152 Surabaya. (29/05/2022).

Ir. Heru Suyono, Ketua Umum BPD dalam sambutannya memaparkan
“Malam ini kita bisa berkumpul di sini adalah sebagai lembaga yang memutuskan diri untuk mentransformasi segala bentuk edukasi untuk kita semua.
Tahun kemarin acara buka puasa bersama dengan anak-anak disabilitas kita adakan pendidikan juga program pelatihan komputer secara gratis, jadi kami peduli kepada generasi bangsa.” Paparnya.

“Kita adakan program mulia ini, atas dukungan segenap anggota BPD, Korem dari TNI AD, Polda Jatim, TNI AL, Indonesia Power, dengan sinergitas merekalah kita bisa mensukseskan acara malam ini,” imbuhnya.

Masih kata Heru “Ketika kita menanam jagung akan menuai jagung terima kasih, ketika kita menanam kebaikan maka akan kita tuai pula kebaikan tersebut,” pungkasnya dalam sambutan

Yousri Nur Raja Agam perwakilan Jurnalis Senior Jawa Timur menyampaikan sambutan, ” Saudara sore ini kita hadir di acara Hari Pers Internasional yang bertepatan pada tanggal 3 Mei 2022, terhadap kebebasan pers banyak mendapat ancaman sehingga timbullah kasus-kasus yang membuat wartawan itu sendiri juga banyak ancaman dalam menulis,” ujarnya.

Udin Lotto selaku Penasehat Paguyuban Media Mingguan Indonesia (PMMI) dan juga Penasehat Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) turut menambahkan dalam sambutannya ” Saya bangga dan merasa terhormat bisa datang di acara yang diselenggarakan Rekan-rekan Barisan Putra Dwiwarna, mereka adalah Putra Putri Bangsa yang antusias dalam membantu sesama, semoga kedepannya para Janda di Undang kembali dalam Bakti Sosial yang diselenggarakan panitia,” pungkasnya.

Hadir juga dalam acara ini, salah satu undangan mewakili Personel MAKODAM V Brawijaya Letda Wijanarko anggota Korem 084 Surabaya.

Acara dihadiri oleh 15 Janda perwakilan dari beberapa daerah dengan diberikan bingkisan secara simbolis oleh Ketua BPD yang didampingi oleh segenap anggota.

(Red)